-->

Jenis-jenis Makanan Empat Sehat Lima Sempurna


Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung benyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk merawat kesehatan dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Syarat makanan sehat adalah bersih, bergizi dan berkecukupan. Makanan yang sehat biasanya mengandung banyak gizi yang seimbang yaitu karbohidrat, protein dan lemak serta vitamin.
Mengonsumsi makanan yang sehat, tidak harus membatasi satu atau beberapa jenis makanan saja. Tetapi mengonsumsi berbagai jenis makanan, justru bisa memberikan nutrisi berbeda-beda pada tubuh kita sehingga mampu memeberikan gizi yang dibutuhkan tubuh kita agar tubuh kita selalu fit.

Jenis-jenis Makanan yang sehat

Pada umumnya makanan yang sehat adalah makanan yang mencakup gizi yang seimbang, antara lain karbohidrat vitamin dan protein, serta mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan yang sehat karena sayur memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, misalnya sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.

Buah-Buahan

Selain sayur, buah juga sangat penting untuk dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin yang pastinya sangat penting untuk tubuh kita. Dari berbagai buah, beberapa buah yang populer dan kaya akan nutrisi dan vitamin , antara lain :

  • Apel, mengandung serat, vitamin C, dan lainnya.
  • Jeruk, yang mengandung vitamin C.
  • Alpukat, yang kaya akan lemak sehat, kalium serta vitamin C.
  • Pisang, sebagai sumber kalium.
  • Dan lain-lain.

Untuk mengonsumsi makanan sehat juga sebaiknya teratur karena jika tidak teratur malah menjadi penyakit. Selain sayur dan buah-buahan, ada juga makanan lain yang mengandung banyak gizi. Diantaranya adalah :

Daging dan telur

Daging adalah salah satu makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi.  Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu daging yang memiliki sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging lainnya. Sedangkan telur termasuk sebagai salah satu bahan makanan paling bergizi karena selain tinggi protein, juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, serta zat antioksidan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Jenis makanan ini adalah jenis makanan yang memiliki banyak nutrisi, termasuk magnesium serta vitamin E.

Ikan Laut dan sejenisnya

Ikan laut adalah jenis makanan yang sehat dan kaya akan asam lemak omega-3 dan yodium. Orang yang sering makan ikan pada umumnya jarang terkena serangan jantung.

Susu

Susu merupakan minuman sangat tinggi vitamin vitaminnya, mineral dan protein hewani berkualitas serta lemak sehat. Selain itu, susu juga  salah satu sumber kalsium yang terbaik.


0 Response to "Jenis-jenis Makanan Empat Sehat Lima Sempurna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel